Selasa, 16 Oktober 2018

UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA


UKM UNY
UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Universitas yang berfungsi untuk mengembangkan berbagai minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggotanya. Selain itu fungsi lain dari UKM adalah melatih manajemen waktu, terbiasa bekerja dalam team work dan menambah soft skills mahasiswa yang berguna di kemudian hari. Kegiatan-kegiatan di UKM telah terjadwal dan terprogram secara rutin menyesuaikan dengan kalender akademik, sehingga tidak mengganggu kegiatan perkuliahan anggotanya.
             UKM UNY dikelompokkan dalam 4 bidang, yaitu Bidang Penalaran, Bidang Olahraga, Bidang Seni dan Bidang Kesejahteraan atau Khusus. Contoh UKM Bidang Penalaran adalah Restek, Bidang Olahraga adalah Pencak Silat, Bidang Seni adalah Paduan Suara “Swara Wadhana” dan Bidang Kesejahteraan atau Khusus adalah Resimen Mahasiswa “PASOPATI”.
            UKM Rekayasa Teknologi atau RESTEK adalah Unit Kegiatan Mahasiswa ditingkat universitas yang mewadahi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa teknologi dan tergolong dalam bidang penalaran. UKM RESTEK didirikan pada 12 Maret 2012 dan memiliki sekretariat di Gedung Student Center UNY lantai 3 sayap barat. Meski masih sangat muda, namun UKM RESTEK memiliki segudang prestasi baik di tingkat kota, provinsi, nasional, regional dan internasional. Berdasarkan Data Kemahasiswaan pada periode 2017 tercatat bahwa UKM RESTEK memiliki 219 prestasi dari total 1002 prestasi UNY di semua bidang.
            UKM Pencak Silat UNY adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang olahraga seni bela diri asli Indonesia. UKM Pencak Silat berdiri pada tanggal 16 April 1987, pendirinya adalah Bapak Mukharom. UKM Pencak Silat merupakan gabungan dari beberapa perguruan dan aliran pencak silat yang berkumpul menjadi satu untuk mengadakan latihan bersama. Di dalam UKM Pencak Silat terdapat berbagai aliran dimana antara satu dengan yang lainnya saling menghargai, menghormati dan saling mengisi sehingga semakin menambah lengkapnya khasanah bela diri di dalam UKM Pencak Silat. Beberapa prestasi yang telah diraih adalah Juara Umum 3 dalam Kejurnas Nasional UNJ Open 1 Antar Perguruan Tinggi 2018, Juara 1 dalam Festival Pencak Silat Seni Pengda DIY 2018, dll.
            UKM Vokal Paduan Suara Mahasiswa “Swara Wadhana” UNY yang beralamat di Gedung Student Center lantai 3 sayap barat. UKM ini bermula dari sebuah kelompok mahasiswa dalam naungan UKM Kulintang, namun karena kurangnya peminat, UKM ini berganti menjadi UKM “Ansamble” yang didalamnya terdapat grup paduan suara. Lambat laun keberadaan sebuah unit paduan suara dirasa semakin dibutuhkan, maka secara resmi pada tanggal 20 Mei 1986 kelompok UKM “Ansamble” dirubah menjadi UKM Vokal Paduan Suara Mahasiswa “Suara Wadhana” dan tanggal tersebut ditetapkan sebaga hari jadi UKM.
            UKM Resimen Mahasiswa atau Menwa adalah kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI. Seluruh anggota Menwa ditempa melalui pendidikan bertahap agar berkarakter kuat, bermental baja, berwawasan luas, memiliki kepekaan sosial tinggi serta kemampuan berpikir taktis dan analitis. Beberapa pelatihan Menwa adalah survival, bela diri militer, search and rescue, mountaineering, dll.
            Kesimpulannya adalah mahasiswa harus mengikuti minimal 1 UKM, karena dapat melatih soft skills mahasiswa dan bisa bekerja dalam tim karena kemampuan tersebut sangat berguna bagi yang sudah lulus kuliah atau yang sedang mencari pekerjaan.
Sumber:
-          www.uny.ac.id/kemahasiswaan
-          Buku display UKM  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar