Jumat, 31 Agustus 2018

RESENSI BUKU METODE NUMERIK DENGAN CONTOH-CONTOH UMUM SERTA PENERAPAN DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL & REKAYASA KEGEMPAAN


Judul Buku : Metode Numerik Dengan Contoh-contoh Umum Serta Penerapan Dalam Bidang Teknik Sipil & Rekayasa Kegempaan, Jilid 1- edisi 01

Penulis : Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U

Penerbit : UII Press Yogyakarta

Cetakan Pertama : April 2015

Tebal Buku : 92 Halaman

Penyajian materi mata kuliah khususnya jurusan pendidikan matematika akan lebih banyak mengenai angka dan numerik. Salah satu buku pendukung belajar bagi mahasiswa baru khusus nya jurusan Pendidikan Matematika adalah "Metode Numerik Dengan Contoh-contoh Umum Serta Penerapan Dalam Bidang Teknik Sipil & Rekayasa Kegempaan, Jilid 1- edisi 01" Karya "Prof. Ir. H. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U". Adapun sistematika buku ini meliputi kata pengantar, daftar isi, dan uraian materi di setiap bab. Pada bagian akhir buku ini juga dilengkapi daftar pustaka dan biodata penulis.
Buku ini menyajikan 3 bab yang meliputi Pendahuluan, Persamaan Non Linier Satu variabel, dan Persamaan Linier Simultan. 

Pada bagian pendahuluan dijelaskan dasar operasi dalam matematika yaitu dengan menggunakan rumus-rumus (simbolik) dan dengan menggunakan pendekatan angka-angka (numerik). Ketelitian dan kelajuan ( ketepatan dan kecepatan ) dalam operasi matematika, kegagalan yang mungkin akan ditemui dan dijelaskan juga Cakupan buku ini.

Pada bagian persamaan non linier satu variabel dijelaskan pendahuluan aljabar, metode terbuka dan tertutup dalam persamaan non linier satu variabel dan bagaimana cara mengaplikasikan dan menerapkan metode numerik yang berupa penyelesaian persamaan non linier satu variabel dalam bidang teknik sipil yang mencakup contoh mencari titik pada sebuah balok dalam struktur rangka bangunan gedung yang terjepit kolom dikedua sisi nya.

Dan pada bagian yang terakhir yaitu persamaan linier simultan dijelaskan bentuk umum persamaan simultan dan prosedur penyelesaisan operasi matematika dengan menggunakan metode Eliminasi Gauss, metode Iterasi Gauss-Seidel, metode Iterasi Jacobi. Serta dijelaskan bagaimana cara mengaplikasikan dan menerapkan persamaan linier simultan dalam bidang teknik sipil dan bidang rekayasa kegempaan yang terkait dengan upaya pengurangan risiko bencana gempabumi.

Bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi pada buku ini padat dan jelas yang menjadikan materi yang disajikan mudah dimengerti oleh pembaca. Selain itu, pembahasan soal dilengkapi dengan rumus-rumus dan cara mengerjakan secara jelas.
Kekurangan buku ini adalah kurangnya gambar nya terlalu monoton dan kurang ada gambar yang menarik sehingga pembaca cepat bosan karena harus melihat angka-angka terlalu banyak.
Akan tetapi, buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru yang membutuhkan metode numerik.

Note : Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas ICT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar